Friday, June 03, 2005

Hari-hari pertama di bagian bedah

31 Mei 2005

Hua gue udah dua hari nih di bedah. Hari pertama dilalui dengan latihan-latihan buat simpul (yang suer belibet banget) dan hecting (jahit). Bego banget deh gue dalam hal gitu-gituan. Terus ada bencana dunia terjadi…qta punya SERAGAM JAGA dan lebih parah lagi warnanya apa tebak?coklatttttttttt. Bukan kenapa-kenapa tapi cleaning service di rscm juga punya seragam coklat. Jadi kalon qta disangka cleaning service yah harus dimengerti (hiks..hiks…) Dasar yang milih warna ga punya perasaan, geblek banget sih, selera rendah. Tapi senang juga karena kelompok gue kelompok pertama yang pake baju seragam tersebut jadi masih baru hehehe. Udah itu pake uang jaminan limapuluh ribeng..ih amit-amit dah. Sempurna sudah hari pertama gue di bedah (nangis darah :P) Eittt penderitaan ga Cuma di situ. Tebak gue dapat pembimbing sapa? Dr. wuryantoro Sp.BT Hiks 10x. Gue dan nyc pas dengar kalo kita dapet wur langsung teriak histeris bayangin. Giling gue mimpi buruk apa yah???

Hari kedua dimulai dengan bertatap muka dengan wur dalam acara Presentasi kasus. Hua isi nih acara Cuma manasin kuping dengan marah-marah wur. Lebih seru lagi yang datang telat sesudah dia langsung diusir ga peduli satu detik pun. Sial gue dipanggil lagi namanya buat ditanyain. Well, tapi ada hal yang lucu banget tentang teman gue nyc. Teman gue ini emang pinter banget, hiperaktif, ga gemuk-gemuk, kalo makan ga pernah habis, nanya mulu kerjanya sampai kadang-kadang pengen ditimpukin anak-anak yang merasa udah ngantuk dan pengen cepat pulang atau anak yang pengen makan, pipis, atau BAB. Tapi nih anak bisa sangat berjasa dikala siang bolong semua orang pada malas dan ga konsen lagi sama yang namanya presentasi kasus, nih anak masih semangat aja. Jadi pas ditanya moderator ada yang mau bertanya?semua diemm (rata-rata sih pada ga punya ide mau nanya apa, malah ada yang nanya eh emang tentang apa sih *gubrak* ß ini gue banget bolot gitu). Tiba-tiba ada tangan nunjuk dan serentak mata kita memandang ke arah tangan tersebut –hehehe, untung ada nycane- Bukan apa-apa kalo sampai ga ada yang nanya bisa-bisa qta wajib nanya satu-satu…Insidens nyc-wur dimulai ketika wur mulai bertanya mengenai dada kanan tertinggal pada saat apa pada pasien hematopneumotoraks. Yah gue sih mana tau, baca aja blom, malah lagi cari-cari pinjeman buku. Seperti biasa nyc yang ekspresif banget mulai mengeluarkan ide-idenya mengenai pertanyaan wur kepada teman sebelahnya yaitu dila, dengan semangat dan diikuti gerakan-gerakan tangan. Karena ga ada yang bisa jawab, wur mulai mencari mangsa untuk ditodong jawab.h
Wur: ya kamu (nunjuk ke nyc), kayaknya banyak ide..
Nyc binun dengan mimik kaget. Nyc dengan terbata-bata mulai mengeluarkan logika-logikanya. Well, karena gue agak-agak bolot, gue nangkap wur ga puas ma jawaban nyc. Terus nanya ke anak-anak lain. Sampai akhirnya qta bahas tekanan negatif di selaput paru.
Wur: Bawel (ngelihat ke nyc)
Huuuuu…anak-anak mulai ketawa-ketiwi. Nyc dengan mimik kaget
Wur: kamu dah punya pacar blom?
Huuuuuuu….anak-anak makin rusuh
Nyc dengan mimik kaget (ga nyangka bakal ditanyain gitu di depan kelas): udah dok (gue rasa nyc malu juga dan tengsin kalo bilang blom)
Huaaaaa…..anak-anak makin gaduh
Wur: pasti udah pernah cipokan kan?
Huahuahua semua anak-anak ketawa
Nyc dengan mimil polos sambil geleng-geleng: Blom dok..
Wur (dengan muka setengah ga percaya, gue pikir pasti dia ga percaya masa pacaran ga pernah dicipok hehehe): masa blom pernah?
Nyc geleng-geleng
Wur: Yah cipokan itu tekanan negatif, kalo tekanan positif itu diludahi
Yeeeeeeeee…dasarrr

Setelah presentasi kasus. Jam setengah sepuluh kami ke poli ekstirpasi. Senangnya dapat asistensi biopsi sama dr. RUCHIKA terus dikasih jahit dua simpul…hehehhe Btw kok gue lihat RESIDEN-RESIDEN bedah itu sok kegNTENGAN YAH.so far ga ada masalah

Terus abis dari poli kami ke bedah thoraks buat ketemu pembimbing kami dr.wur. Giling deg2an banget. Qta dah mikir pasti qta dimaki-maki. Pokoke dah siapain mental fdan kuping dah. Ternyata Cuma bentar lima menit ketemu dia. –Hua qta tiap minggu latihan ujian nih- (soalnya wur minta ketemu seminggu sekali)ß serasa kayak ujian suasananya.

Hua gue minta dukungan dan dorongannya yah biar bisa lalui bedah dengan lancar. Suer gue takuttttt banget….

0 Comments:

Post a Comment

<< Home